Mau Diet? Ubi Jalar Cocok Turunkan Berat Badan Anda


Selain memiliki cita rasa khas, lumayan enak, manis, ubi jalar atau ketela rambat [Ipomoea batatas L.]ternyata juga memiliki khasiat dan manfaat lain. Terutama bagi anda yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Makanan berserat tinggi yang disebut juga “sweet potato” ini akan membantu menekan rasa lapar, dan membuat perut anda terasa ’kenyang’ hanya dengan sedikit kalori.

Seperti ditulis Live Strong, ubi jalar mengandung hingga 10 persen dari kebutuhan kalori harian, di mana 1.600 kebutuhan kalori sehari untuk menurunkan berat badan. Ukuran
sedang ubi jalar mengandung 160 kalori. Mengonsumsi makanan rendah kalori yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan ini, membantu Anda menurunkan berat badan. Secara umum, berat badan memang akan turun jika lebih banyak membakar kalori ketimbang jumlah makanan yang dikonsumsi.

Ubi jalar termasuk jenis makanan yang mengandung serat tinggi. Ukuran sedang ubi jalar yang dibakar dengan kulitnya mengandung 3,8 kilogram fiber. Menurut lembaga American Dietetic Association, makanan berserat tinggi akan membantu Anda menurunkan berat badan. Ubi jalar dan semua jenis makanan berserat tinggi mendukung program mengurangi berat badan karena menekan rasa lapar. Makanan berserat membuat perut Anda selalu merasa penuh hanya dengan sedikit kalori.

Disebutkan juga, ubi jalar termasuk kategori low-glycemic index. Yakni jenis makanan yang tidak membuat gula darah naik. Karena itu, mengonsumsi ubi jalar dan makanan yang termasuk ke dalam low-glycemic index bisa membantu menurunkan berat badan, seperti dikutif
tribunnews.com.

Namun, penting untuk diketahui bahwa diet Anda tidak akan berhasil jika hanya mengonsumsi satu jenis bahan makanan saja. Ubi jalar bisa menurunkan berat badan namun harus disertai dengan makanan bernutrisi lainnya. Jika ingin menurunkan berat badan, Anda dibatasi mengonsumsi 500 kalori per hari dan itu sudah termasuk buah, sayur, protein, dan susu.

****

1 Response to "Mau Diet? Ubi Jalar Cocok Turunkan Berat Badan Anda"

  1. Makasih banget untuk tipsnya, wah keren tanaman ini selain enak juga bisa menurunkan berat badan

    BalasHapus