Khasiat dan Manfaat Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan



Khasiat dan manfaat buah pepaya yang paling umum kita dengar adalah sebagai serat alami yang paling murah dan mudah untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Tapi tahukah anda ternyata khasiat dan manfaat buah bercitarasa segar dan manis ini masih sangat banyak?

Sederet khasiat dan manfaat buah pepaya antara lain sebagai bahan alami untuk kecantikan (kulit, rambut, bekas luka, dan keriput). Buah kategori rendah kalori gizi tinggi ini juga cocok untuk mendukung program diet yang sehat, anti oksidan dan mencegah kanker usus besar, menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Bahkan buah pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagi pengidap paru-paru lemah. 

Bagaimana buah pepaya bisa memiliki khasiat dan manfaat sebanyak itu? Mari kita simak penjelasannya satu persatu.

Mencegah Penyakit Jantung, Kolesterol, dan Diabetes

Pepaya termasuk salah satu jenis buah dengan kandungan antioksidan tinggi. Di antaranya seperti vitamin A, vitamin B, asam panthotenic, vitamin C, kalium, flavonoid, folat, mineral, magnesium, serat dan vitamin E.

Dengan kandungan antioksidan yang sangat baik, konsumsi buah yang konon berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan ini, akan membantu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol di dalam hati. Anda pasti tau kolesterol tinggi sangat beresiko menyebabkan serangan jantung dan stroke. Dan itu bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah Pepaya secara teratur.

Selain itu Asam folat yang ditemukan dalam buah pepaya juga dapat menghilangkan zat-zat berbahaya yang potensil merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung. Juga untuk pencegahan terhadap penyakit diabetes.

Mencegah Kanker Usus Besar

Kandungan Antioksidan buah pepaya dapat memerangi berbagai radikal bebas dalam tubuh dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Karena itu mengkonsumsi buah pepaya akan membantu memberikan perlindungan yang baik terhadap resiko terkena kanker usus besar.

Bermanfaat Mengurangi Peradangan

Tak banyak orang yang tau kalau buah Pepaya juga mengandung enzim papain dan enzim chymopapain. Keduanya dapat mengurangi terjadinya peradangan sehingga membantu tubuh dalam penyembuhan luka bakar dan luka lainnya. Kita tau beberapa penyakit tertentu menjadi lebih buruk ketika tubuh meradang. Karena itu mengkonsumsi buah pepaya diharapkan bermanfaat bagi orang-orang yang menderita kondisi ini.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti disinggung di atas bahwa buah pepaya mengandung banyak sekali vitamin A dan vitamin B. Keduanya sangat baik dan diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, mengkonsumsi Buah pepaya diyakini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya beberapa penyakit yang disebabkan oleh menurunkan kekebalan tubuh, seperti pilek dan batuk, infeksi dan flu.

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Kandungan vitamin A dalam buah pepaya juga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki paru-paru yang lemah. Konsumsi buah pepaya akan mengurangi kemungkinan mereka tertular oleh penyakit yang muncul sebagai hasil dari paru-paru yang lemah, seperti bronkhitis, kanker, dan sejenisnya.

Beberapa Khasiat untuk Kecantikan

Adanya kandungan enzim papain, khimopapain, alkaloid carpin, pseudocarpin, dan juga ekspressin pada buah pepaya, membuat buah ini juga mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Di antaranya untuk mengencangkan kulit, menghaluskan, menghilangkan keriput, serta menghilangkan noda-noda hitam di kulit.

Seperti dilansir Liputan6 belum lama ini, buah pepaya bisa digunakan sebagai masker untuk membersihkan sel-sel kulit mati di wajah. Bahkan pepaya juga bisa digunakan sebagai tonik penghilang keriput di wajah. Caranya dengan menambahkan sedikit air mawar, putih telur, dan beberapa sendok daging buah pepaya matang yang telah dihaluskan. Lalu digunakan sebagai masker 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok madu pada daging buah pepaya matang yang telah dihaluskan. Gunakan sebagai masker dan bilas dengan air dingin. Ulangi secara rutin dan anda akan merasakan kulit wajah kembali kencang dan keriput berkurang.
***




0 Response to "Khasiat dan Manfaat Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar