Kenali Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat



Bagi Anda penderita asam urat, berhati-hatilah dengan beberapa jenis makanan, karena dapat membuat penyakit asam urat yang Anda derita akan semakin parah. Apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagi pasien penderita penyakit asam urat?

Tayangan Dr. Oz Indonesia, Jumat (12/9/2014), membahas beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Di antaranya beberapa makanan yang termasuk kategori jeroan, seafood, makanan olahan, makanan kaleng, beberapa jenis daging, kacang-kacangan, serta beberapa jenis sayuran dan buah-buahan.

Lebih rinci, berikut ini daftar makanan yang menjadi pantangan bagi penderita penyakit asam urat.

1.      Kategori Jeroan: babat, ginjal, limpa, usus, paru, hati, dan otak.
2.      Kategori Seafood : udang, cumi, kepiting, kerang, ikan teri, dan sejenisnya.
3.      Kategori Makanan Olahan : abon, dendeng, keju, es krim, kaldu.
4.      Kategori Makanan Kaleng : kornet sapi, sarden.
5.      Kategori Daging : Kambing, Sapi, Kuda.
6.      Kategori Kacang : kacang kedelai (tempe, oncom, tauco), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
7.      Kategori Sayuran : kembang kol, bayam, buncis, daun singkong, daun pepaya, kangkung, asparagus.
8.      Kategori Buah : Durian, nanas, dan air kelapa.

Menurut Dr Oz Indonesia, berbagai jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat dapat digolongkan ke dalam tiga golongan atau tingkatan sesuai dengan kadar kandungan purin di dalamnya.

1.      Makanan pantangan asam urat untuk jenis golongan A yaitu dengan kandungan purin tinggi hingga sangat tinggi (di atas 150 mg/100 gr makanan). Di antaranya : jeroan, remis, kerang, sarden, abon, dendeng, otak, ginjal, paru dan alkohol.
2.      Makanan pantangan asam urat untuk jenis golongan B yaitu dengan kandungan purin sedang antara 50 sampai 150 mg/100 gr makanan. Diantaranya :  daging sapi, kacang-kacangan kering, bayam, kembang kol, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
3.      Makanan pantangan asam urat untuk jenis golongan C yaitu dengan kandungan puring ringan antara 0 sampai 50 mg/100 gr makanan, diantaranya yaitu : susu, telur, keju dan buah-buahan.

Sumber: http://drozindonesiatranstv.blogspot.com/


0 Response to "Kenali Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Urat"

Posting Komentar